Konvergensi Media
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media
yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan.Konvergensi
media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang
dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Manfaat Konvergensi Media
Manfaat Konvergensi Media
Manfaat konvergensi media tentu saja memudahkan khalayak
dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak membutuhkan
biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media
sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.
Contoh terbesar konvergensi perusahaan adalah merger tahun
2001, antara “media baru” AOL (American Online) dengan ”media lama” Time
Warner. Pada saat itu, merger tersebut tampaknya merupakan ide yang baik.
Hampir 60 persen rumah tangga Amerika memiliki komputer, dan setiap orang
memiliki televisi.
Para pendukung konvergensi, yang sangat antusias,
membayangkan masa depan di mana setiap rumah tangga akan memiliki koneksi pita
lebar berkecepatan tinggi ke Internet, yang menyediakan TV interaktif, video
sesuai permintaan, majalah online, e-mail, dan jelajah Web (Web surfing).
Time Warner menguasai konten, dengan deretan majalah, film, dan program-program televisi yang dimilikinya. Sedangkan AOL memiliki saluran ke lebih dari 20 juta tempat tinggal di Amerika. Namun, merger itu kemudian menjadi bencana ketika harga saham perusahaan jatuh lebih dari 60 persen dalam tahun-tahun berikutnya. Kerugiannya begitu besar, sehingga ”AOL” secara resmi dihapus dari nama perusahaan pada 2003.
Dampak Positif dan Negative Konvergensi Media
Time Warner menguasai konten, dengan deretan majalah, film, dan program-program televisi yang dimilikinya. Sedangkan AOL memiliki saluran ke lebih dari 20 juta tempat tinggal di Amerika. Namun, merger itu kemudian menjadi bencana ketika harga saham perusahaan jatuh lebih dari 60 persen dalam tahun-tahun berikutnya. Kerugiannya begitu besar, sehingga ”AOL” secara resmi dihapus dari nama perusahaan pada 2003.
Dampak Positif dan Negative Konvergensi Media
Dampak Positif Konvergensi Media
Konvergensi media memperkaya informasi secara meluas tentang
seluruh dunia karena ada akses internet.
Memberikan banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk
dapat memilih informasi yang diinginkan sesuai selera, contohnya saja adalah
televisi interaktif dan televisi multisaluran dimana pengguna memilih sendiri
program siaran yang disukai. Sehingga penggunaan teknologi konvergensi menjadi
lebih personal.
Lebih mudah, praktis dan efisien. Tidak perlu punya dua
media kalau ternyata bisa punya satu media saja dengan dua fungsi.
Timbulnya demokratisasi informasi dimana semua orang bisa
mengakses informasi secara bebas dan luas dengan berbagai cara dan bentuk.
Dalam implikasi ekonomi, konvergensi berpengaruh terhadap
perusahaan dan industri teknologi komunikasi karena mengubah perilaku bisins.
Keuntungan yang didapat dari hasil konvergensi media sangat menguntungkan dan
memajukan perusahaan. Selain itu, mudahnya akses informasi membuat industri dan
perusahaan semakin mudah dan cepat mengantisipasi tantangan, kebutuhan baru
konsumen serta persaingan yang mengetat.
Di bidang pekerjaan, jelas sekali di jaman sekarang ini
jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi digandrungi banyak
orang dan peminat seperti hal-hal yang berbau IT atau sistem informasi, menurut
saya hal ini menjadi bukti kuatnya teknologi dalam kehidupan manusia.
Masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat. Contohnya,
para pembaca berita online hanya dengan mengklik informasi yang diinginkan di
komputer maka sejenak informasi itu pun muncul.
Interaktif. Masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik
terhadap informasi-informasi yang disampaikan. Media konvergen memunculkan
karakter baru yang makin interaktif, dimana penggunanya mampu berkomunikasi
secara langsung dan memperoleh konsekuensi langsung atas pesan (Severin dan
Tankard, 2001: 370).
Konvergensi media menyediakan kesempatan baru yang radikal
dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk
informasi secara visual, audio, data dan sebagainya (Preston, 2001: 27).
Dampak Negative Konvergensi Media
Perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan
teknologi (cybermedia dan cybersociety). Adanya ketergantungan
teknologi dimana segala sesuatu menjadi serba praktis dan otomatis.
Munculnya masyarakat digital/ masyarakat maya. Kemajuan
teknologi konvergensi yang maju telah mempersempit jarak dan mempersingkat
waktu. Jarak dan waktu sudah bukan masalah lagi, misalnya anda di Eropa dengan
saya di Asia bisa saling berkomunikasi saat itu juga melalui internet atau
media lainnya tanpa perlu bertemu langsung.
Media cetak/media tradisional/media konvensional mulai kalah
dengan media modern/media baru/ media online.
Kesenjangan sosial yang semakin besar.
Contoh Konvergensi Media
Televisi digital, televisi multisaluran/televisi kabel.
Hanphone/ ponsel.
Televisi online,
SOSIAL MEDIA
Pengertian Sosial Media
Sosial media itu sendiri merupakan media online untuk
memberikan informasi, sharing dan saling berkomunikasi, serta setiap orang
dapat berpatisipasi dalam membuat blog ataupun membuat jejaring sosial.
Jejaring sosial berupa situs, dimana setiap orang dapat membuat blog sendiri,
acount sendiri, sehingga orang tersebut dapat berkomunikasi dengan teman,
saudara ataupun teman lama, saling memberikan informasi atau sekedar reuni
dengan teman yang sudah lama tidak bertemu.
Sejarah Sosial Media
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai
muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil,
menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial
lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara
searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring
bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang
semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster
ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.Tahun
2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick
R, You Tube, Myspace.Hingga akhir tahun 2005, friendsterdan Myspace merupakan
situs jejaring sosial yang paling diminati.
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai
tergeser dengan adanya facebook.
Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan
dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata
menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem
mengikuti – tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru
dari orang yang kita ikuti (follow).Tahun 2012,muncul kembali dan menambah
kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs
web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.
Cara Kerja Sosial Media
Berikut ini adalah contoh gambar cara kerja situs jejaring
sosial pada umumnya. Seseorang yang memiliki profile account dalam sebuah situs
jejaring sosial memiliki link dengan sesama pemilik profile account di situs
jejaring sosial tersebut. Misalnya, seseorang mempunyai profile account dalam
facebook dan memiliki 200 atau lebih link profile account milik teman-temannya
sesama pengguna facebook. Dengan cara kerja seperti itu, makasangat mudah untuk
mencari relasi baru melalui situs jejaring sosial.
Layanan Sosial Media
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan
kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat,
messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan
lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata
dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan
pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti
pembuatan grup untuk dapat saling sharing di dalamnya.
Macam – macam layanan jejaring sosial:
o Friendster
o Facebook
o Twitter
o Google+
o MySpace
o Linkedln
o Multiply
o Orkut
5. Kelebihan
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk
berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan
biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon.Selain itu, dengan
adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara
cepat.
6. Kelemahan
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi
interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun.Orang lebih
memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain
pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak
mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini
secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang
berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
PODCASTING
Pengertian Podcasting
Podcast adalah jenis media digital yang terdiri dari
serangkaian episodik audio yang radio , video yang , PDF , atau ePubfile
berlangganan dan download melalui sindikasi web atau streaming secara online ke
komputer atau perangkat mobile. Kata adalah kata baru yang berasal dari
“siaran” dan “pod” dari keberhasilan iPod , sebagai podcast sering mendengarkan
pada pemutar media portabel . Dalam konteks perangkat Apple, istilah “Podcast”
mengacu pada audio dan versi video podcast, sedangkan versi tekstual podcast
diklasifikasikan dalam aplikasi yang dikenal sebagai Newsstand .
Sejarah Podcasting
Istilah “podcasting” pertama kali muncul dalam sebuah
karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada Februari
2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru
ini. “Podcast” merupakan lakuran kata “pod” — “playable on demand” (dimainkan
atas permintaan), yang kelak digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk
merek pemutar-media-saku (portable media player) iPod — dan “broadcasting”
(penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa
iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh
dengan komputer yang dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah “podcast”
mendahului adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi
iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya
dengan istilah “iPod”, beberapa orang memakai istilah “netcast” sebagai
pengganti “podcast”, seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte.
Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya “podcast” dapat diuraikan
sebagai “personal on demand broadcast” (penyiaran atas permintaan pribadi).
Cara Kerja Podcasting
Pada dasarnya setiap orang yang memiliki komputer dan akses
ke Internet dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast.
Anda dapat merekam suara, lagu, puisi, pidato, ceramah, kultum, atau bahkan
khotbah, kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah
satu website podcast yang ada. Selanjutnya biarkan orang lain yang tertarik
dengan konten buatan Anda untuk men-download dan mendengarkannya di komputer
atau MP3 player mereka.
Sedangkan untuk mendengarkan siaran podcast dari orang lain,
Anda dapat masuk ke salah satu website podcast, men-download freeware untuk
podcasting yang mereka sediakan (seperti iPodder atau iTunes), dan
meng-install-nya di komputer. Selanjutnya, dari aplikasi tersebut Anda dapat
mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten podcast yang diinginkan. Anda
dapat mendengarkannya langsung dari komputer, atau men-download-nya ke dalam
MP3 player.
Anda dapat membuat playlist pada aplikasi podcasting untuk
mendownload konten-konten dengan tema tertentu melalui RSS feed, membiarkannya
men-download konten tersebut secara otomatis, menyimpannya ke dalam harddisk
komputer untuk didengarkan kemudian. Ketika Anda men-dock MP3 player, komputer
akan memasukkan konten yang baru di-download ke dalamnya.
Layanan Podcasting
Deutsche Welle adalah stasiun pemancar radio publik pertama
yang sejak kampanye pemilu Amerika Serikat 2004 sudah menawarkan siaran dalam
bentuk podcast. Saat itu penawarannya masih terbatas produk audio, namun kini
Anda dapat menikmati siaran kami lewat videopodcast. DW-WORLD.DE menyediakan
lebih dari 50 macam audio- dan videopodcas yang dapat Anda unduh setelah
berlangganan. Tawaran kami adalah dari siaran radio dan televisi, kursus bahasa
hingga kliping.
Manfaat Podcasting
Meningkatkan visibilitas situs anda,
Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif,
Memberikan kenyamanan pengunjung situs sehingga tidak bosan
untuk berkunjung kembali,
Menyediakan retensi memori yang lebih baik,
Menyediakan kemudahan penggunaan,
Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
pemasaran situs.
RSS
Definisi RSS
RSS atau “Really Simple Syndication” adalah istilah dalam
teknologi Internet yang merujuk pada cara mensindikasikan konten sebuah situs
web (web syndication). RSS dibangun untuk mempermudah kita untuk membaca
ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog. RSS
merupakan versi sederhana dari halaman web yang berisikan hanya konten artikel
saja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun
javascript.
Fungsi utama RSS ialah memberikan makanan pada search
engine, dimana feed tersebut berisi update terbaru dari content website kita.
Ada beberapa format Web Syndication, yaitu : RSS, ATOM, dan RDF.
Sejarah RSS
RSS pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1999
yang digunakan pada situs My.Netscape.com. Pada waktu itu RSS yang keluar
pertama kali adalah RSS versi 0.9 dan RSS pada waktu itu memiliki kepanjangan
yaitu : RDF Site Summary.
Untuk saat ini RSS telah ada dalam versi RSS 2.0 dan
kepanjangannya pun sudah berganti menjadi Really Simple Syndication. Bahkan
variannya juga sudah mulai banyak seperti Atom dan Podcasts. Tetapi RSS masih
tetap paling populer karena kemudahannya sampai saat ini.
Pada Saat Anda Surfing/menjelajahi dunia Internet, dan Anda
menemukan website yang menyediakan RSS, maka ini berarti anda dapat menampilkan
sepenggalan berita pada website tersebut kedalam website anda. Dan karena RSS
bentuknya XML anda tentu harus mengubah isi RSS tersebut / Parsing kebentuk
yang Anda inginkan, atau minimal enak dibaca. Karena RSS berbentuk XML maka
kita perlu mengetahui dulu strukturnya.
Cara Kerja RSS
Untuk dapat menggunakan RSS, pertama anda harus men-download
perangkat lunak (sistem manajemen konten), dengan format XML yang dapat dibaca.
Judul dan, kutipan dari artikel, dan link ke artikel penuh. Selain hanya teks,
anda juga dapat menyisipkan file multimedia di RSS feed seperti gambar, video,
MP3 dan lain-lain. Broadcasting, picturecasting, photocasting, dan podcasting
adalah beberapa fitur yang dapat anda memasukkan ke dalam feed, tapi tidak akan
dibahas dalam artikel ini. Bagi pengguna yang ingin mengakses RSS feed, mereka
perlu menggunakan aggregator atau feed reader. Pencarian agregator untuk update
pada halaman RSS kemudian menampilkannya. Ini dapat menjadi program mandiri
atau ekstensi web browser, tergantung pada sistem operasi anda. Search engine
untuk konten web disiarkan melalui RSS feed juga tersedia seperti Plazoo dan
Feedster.
Layanan RSS
RSS Feed
Hampir setiap situs atau blog memiliki Feed (umpan) baik
atom.xml, RSS, dan lainnya.Fungsi dari RSS Feed adalah mempermudah pembaca
untuk selalu up to date dengan tulisan-tulisan yang disajikan oleh situs atau
blog yang mereka sukai. Tentunya tanpa mereka berkunjung langsung ke situs/blog
tersebut.
RSS Reader
RSS juga memastikan privasi menjadi aman. yang tadinya kita
berlangganan mengikuti sebuah web dengan cara pengiriman Email menjadi hanya
membutuhkan sebuah RSS Reader.
Ada beberapa website yang menyediakan RSS, antaralain :
v Pheedo.com
v Feedm8.com
v Feedburner.com/fb/a/advertising
v Text-Link-Ads.com/feedvertising
Manfaat RSS
Menjalin hubungan lebih erat dengan pelanggan. Pelanggan
yang mendaftar RSS anda akan terus mendapatkan informasi terkini mengenai
bisnis anda.
Jaminan konten sampai. Beda dengan email marketing yang
kadang tak sampai 100% berhasil masuk ke email pelanggan, menggunakan RSS pasti
sampai ke alat RSS mereka.
Menerbitkan konten sangat mudah. Update konten terbaru akan
sampai di RSS reader pembaca.
Mudah menyebar di internet. Melalui RSS, konten dan berita
dari website anda mudah tersebar secara luas di internet.
Membuat pengunjung datang lagi. Pengunjung yang baru pertama
kali datang ke website atau blog anda, setelah mendaftar di RSS, besar
kemungkinan akan datang kembali.
Melihat kebiasaan pengunjung. Melalui RSS juga bisa dilacak
bagaimana kebiasaan pelanggan RSS anda. seberapa sering membaca dan mengklik
link konten anda melalui feed.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar